Mau Sukses Berdagang? Berikut eight Cara Sukses Usaha Dagang Bagi Pemula

Memulai usaha tanpa memahami pasar sama saja dengan menyimpan bom waktu. Mungkin tidak sekarang, tapi usaha yang sudah Anda bangun dari nol dapat runtuh sewaktu-waktu. Jadi bagi Anda yang masih takut untuk memulai usaha, kini saatnya untuk merubah paradigma Anda. Hilangkan prasangka bahwa memulai bisnis dari nol adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.


Selain itu, Anda juga perlu berbicara langsung dengan sampel pasar. Anda bisa mengadakan interview sederhana untuk mendapatkan insight langsung dari orang-orang yang menghadapi masalah tersebut. Ada ratusan atau bahkan ribuan masalah yang dihadapi konsumen.


Dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambaran lebih real seperti apa konsumen Anda. Setidaknya Anda perlu mengelompokkan target pasar berdasarkan dua faktor utama, yaitu demografi dan psikografi. Daftar pertanyaan di atas hanya sebagian dari hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika menganalisis website kompetitor. Anda bisa menambahkan pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan dan website kompetitor Anda.



Jika tidak punya modal sendiri, maka kita perlu mencari kerjasama dengan orang lain. Disarankan kita harus berhati-hati dalam masalah administrasi keuangannya, karena banyak kasus penipuan. Jika kita hanya punya kemampuan, misalnya, ada kemungkinan partner kita akan “menendang” kita keluar begitu dia dan anak buahnya menguasai keahlian yang diperlukan tersebut. Kita perlu menempatkan orang yang kita percaya untuk mengawasi keuangan, kalau bisa kita tangani sendiri soal uang ini. Untuk usaha kecil dalam bidang penjualan, promosi terbaik adalah lokasinya.


Komunikasi lewat email atau email marketing merupakan cara yang efektif nan personal. Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan produk-produk terbaru ke segmen pelanggan yang spesifik. Sistem ini cukup efektif digunakan untuk model bisnis B2C.


Anda perlu melakukan observasi lapangan untuk menemukan masalah yang benar-benar dihadapi banyak orang. Dengan demikian kekecewaan pelanggan Anda dapat terobati dan usaha yang sudah Anda bangun dari nol tidak akan tercoreng namanya. Anda juga dapat menemukan celah mana yang bisa Anda manfaatkan.


Tata letak pabrik dan toko yang baik akan mempermudah kemampuan produksi. Kompetisi adalah sesuatu yang mutlak kita hadapi dalam proses usaha. Oleh sebab itu, kita harus siap dengan kompetisi tersebut. Mulailah dari rancangan produk yang mampu bersaing, mental enterpreneur yang kuat dan tahan banting, serta kemampuan memperbarui ide dengan hal-hal baru yang lebih baik.


Intinya, Anda harus membuat website yang jauh lebih baik dari kompetitor. Prioritas utama Anda adalah memenangkan persaingan dengan bisnis-bisnis online di kategori kompetitor utama. Konsumen biasanya juga punya forum atau group tersendiri untuk membahas produk yang mereka gunakan. Misalnya, konsumen makeup dan produk skin care punya forum seperti Female Daily. Contoh lain, konsumen layanan hosting terbaik dan domain punya forum Diskusi Web Hosting.


Di sisi lain, buyer persona negatif adalah kebalikan dari buyer persona positif, mereka tidak ada potensi untuk membeli produk Anda. Dengan data di atas, kini saatnya Anda untuk membuat buyer persona. Buyer persona adalah gambaran ideal dari pembeli produk Anda. Biasanya untuk bisa membuat buyer persona dibutuhkan sesi interview dengan beberapa konsumen.


Produk-produk retail atau kebutuhan sehari-hari biasanya banyak mengadopsi loyalty card. Terdapat dua jenis buyer persona, yaitu buyer persona positif dan negatif. Buyer persona positif adalah orang yang punya kemungkinan besar untuk membeli produk Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *